Thursday, August 11, 2011

Tips mengendarai motor (bagi pemula)

Hy all...
Selain memberikan tips tentang komputer, R juga memberikan tips lainnya dalam arti yang “berguna”

Anak kecil berkata “sepertinya naik motor tuh susah”. “Tak ada yang susah jika kita berani untuk mecobanya”

*Gejala yang sering terjadi pada latihan mengendarai motor adalah
“keseimbangan”. Jangan takut jatuh kalau sudah bisa mengendarai sepeda, kenapa ? kareta motor dan sepeda tak ada bedannya dalam hal body (badan).  Pada melambat pasti susah menyeimbangkannya tapi, pada saat cepat pasti gampang. Yaa itu sama seperti sepeda

*Dalam hal berbelok , stang adalah kuncinya. Pada saat ingin berbelok tangan jangan terlalu kaku, tetapi juga jangan terlalu lemas atau bisa terjatuh. Intinya pas berbelok pada saat kecepatan rendah kita bisa berbelok dalam derajat yang besar. Tetapi pada saat Kecepatan tinggi kita harus berbelok dalam derajat yang sangat kecil. Dalam kecepatan tinggi langsung berbelok dalam derajat yang besar ? yaaa resikonnya mental hahahaha

*Dalam hal berhenti atau “rem” gunakan lah rem belakang atau lepas gas kalau jarak tabrak masih jauh. Rem ini sangat berpengaruh dalam hal berbelok. Jangan sekali – kali pada saat kecepatan tinggi nge- rem dengan rem tangan. Kenapa ? yaa resikonya mental juga hahahaha. Fungsi rem tangan ? rem tangan berperan dalam hal sedang berhenti di lampu merah agar motor tidak bergerak, atau bisa juga dalam hal darurat seperti hampir menabrak sesuatu ,yaa kita bisa aja menggunakan rem tangan (kalau selamat)

*Dalam hal transmisi atau dalam bahasa inggris “transmission” itu harus di rasakan melalui suara dan getaran pada mesin, tetapi juga bisa di lihat dari “speedo meter”. UNTUK BEBEK : kalau ingin berganti transmisi selanjutnya, kalian harus lepas gas lalu naikan lah transmisinya. WARNING: jangan menggas langsung menaikan transmisi, resikonnya adalah motor akan standing atau loncat. UNTUK KOPLING : R kurang mengerti banget tentang kopling. Kurang lebih yang R mengerti adalah kalau motor kopling itu harus melepas gas dan menekan koplingnya dan baru menaikan transmisinya.
*Tips lainnya untuk pemula adalah jangan sekali – kali menyalip mobil atau bis. Lebih fatal jangan menyalip truck. Resikonya ? hahaha jangan tanya is dead di tempat bisa.

*Oh ya jangan lupa menyiapkan segala hal untuk mengendarai :
1. Helm SNI (Standar Negara Indonesia)
2. Jaket
3. Set posisi spion dengan benar
4. Lihat apakah bensin masih penuh atau ingin habis
5. Cek surat – surat penting STNK, SIM, KTP
6. Cek apakah ban kempes atau ada yang bocor

*Bagi yang di bawah umur (-17 thn) gunakanlah jaket dan helm SNI yang full head agar tidak tertilang hohohoho

Sepertinya hanya segitu saja yang R tahu tentang motor......THX

No comments:

Post a Comment